• 031-8299413 / 081234441997

05 May

Pentingnya mengetahui jenis kecerdasan anak, tidak hanya memudahkan dalam memilih metode dan gaya belajar, tapi juga mempersiapkan pilihan karir yang paling sesuai.

Termasuk tipe manakah kecerdasan anak Anda?

Salah satu keunggulan program Homeschooling Pena Surabaya adalah dengan adanya fasilitas Homeschooler Identification Test (HIT) dengan sistem Finger Print Identification sebagai identifikasi awal jenis dan tingkat kecerdasan serta karakter siswa yang bertujuan untuk memetakan pola, metode dan gaya belajar yang paling sesuai untuk siswa dengan harapan tidak hanya akan mengantarkannya sukses di program homeschooling, namun juga membantu siswa untuk meraih cita-cita sesuai dengan bakat dan minatnya.

Berikut 08 jenis kecerdasan anak, cara belajar dan prediksi karier yang paling sesuai;

  1. KECERDASAN BAHASA (Verbal-Lingusitik)

Ciri: anak dengan kecerdasan linguistik mampu mengeskpresikan pikirannya dengan baik. Ia juga pandai mampu menuliskan pengalaman dengan kreatif, atau malah hobi bercerita imajinasi dengan indahnya. Daya ingatnya kuat, sehingga mudah menghafal hal-hal baru.

Cara belajar: membaca materi pelajaran, membuat rangkuman, serta permainan kata adalah cara si Linguistik untuk menyerap informasi atau pelajaran.

Prediksi karier: penulis, editor, jurnalis, guru, penerjemah, pengacara, reporter, public relations, atau manajer.

  1. KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS (logical-Mathematical)

Ciri: suka bertanya sebab-akibat akan pelbagai hal, mampu menjelaskan masalah dengan logis, suka bereksperimen untuk membuktikan dugaannya, serta menyukai permainan teka-teki/ puzzle.

Cara belajar: ajak anak mengamati dan selingi dengan kegiatan eksperimen untuk membuat kesimpulan atau menjawab dugaan. Melatih anak untuk berhitung dan memahami cara kerja perangkat elektronik adalah beberapa hal yang bisa membangkitkan minatnya.

Prediksi karier: pengacara, analis, akuntan, dokter, ilmuwan, programmer, researcher, dan banker.

  1. KECERDASAN VISUAL-SPASIAL (Visual-Spatial)

Ciri: ciri paling mudah adalah Anak suka sekali mengingat banyak hal dengan gambar; karena itu ia adalah pemabaca peta yang baik.

Suka bermain dengan bentuk-bentuk, tak banyak bicara, namun sangat hobi corat-coret. Pandai menyelesaikan masalah karena biasanya mampu memprediksi apa yang akan terjadi dengan memperhatikan pola kejadian.

Cara belajar: mind mapping adalah cara yang paling tepat untuknya. Film, slide, atau foto adalah beberapa hal yang akan mudah ia ingat. Jika tidak, ia akan membuat coretan untuk membantunya mengingat kejadian atau materi pelajaran.

Prediksi karier: arsitek, pilot, desainer, seniman, fotografer atau animator.

Kecerdasan visual-spasial, adalah jenis kecerdasan ganda. Kadang kecerdasan visual dan spasial tidak muncul bersamaan. Bisa saja anak hanya memiliki kecerdasan visual atau spasial saja.

  1. KECERDASAN MUSIKAL (Musical)

Ciri: sensitif terhadap nada dan irama, serta kekuatan emosi musik, paham susunan nada yang rumit.

Cara belajar: belajar melalui puisi, kata-kata berirama dan lagu adalah cara yang paling tepat. Jika tidak, beri iringan musik klasik saat belajar.

Prediksi karier: komposer, penyanyi, pemain sandiwara, penata rekaman, penyelaras instrumen musik atau malah pembuat alat musik

  1. KECERDASAN KINESTETIS (Bodily Kinesthetic)

Ciri: sangat menikmati kegiatan fisik seperti melompat, memanjat, atau lari. Memiliki kontrol tubuh yang baik, reflek yang sempurna, mudah mengingat apa yang dilakukan dan bukan yang dikatakan atau malah yang diamati.

Cara belajar: belajar dengan melibatkan kegiatan fisik adalah cara belajar yang baik untuknya. Misalnya dengan mendramatisasikan proses belajar, belajar di luar ruangan, dan buat ia mempraktekan langsung ilmu yang ia peroleh di hari itu.

Prediksi karier: penari, atlet, aktor, ahli mimik, ahli bedah, pembalap, pekerja lapangan, dan perakit mesin.

  1. KECERDASAN NATURALIS (Naturalistic)

Ciri: sangat menikmati saat ia berada di alam terbuka, mudah mengingat ciri hewan dan tumbuhan, sangat tertarik dengan hal yang berkaitan dengan alam dan mudah mengingat informasi yang berkaitan dengan hal tersebut.

Cara belajar: mengijinkannya memelihara hewan peliharaan adalah cara ia belajar untuk memperoleh informasi atau pun mengkonfimasi berita yang telah ia ketahui. Belajar dan bermain di udara terbuka akan lebih membuatnya bersemangat.

Prediksi karier: plantologis, petani, peneliti hewan dan tumbuhan

  1. KECERDASAN SOSIAL (Interpersonal)

Ciri: pandai bernegosiasi, mahir bersosialisasi, menikmati berada di tengah orang banyak, pandai membaca situasi dengan baik.

Cara belajar: belajar kelompok akan membuatnya bersemangat untuk belajar. Beri ia proyek pelajaran sekolah agar ia bisa bekerja sama dengan orang lain. Buat daftar pertanyaan dan bangunlah komunikasi dengannya untuk mengajarkan padanya sebab-akibat suatu kejadian. Jangan lupa beri ia waktu untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Prediksi karier: konselor, marketing, pekerja sosial, terapis, aktor, dan public relation

  1. KECERDASAN INTRAPERSONAL

Ciri: memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sangat mandiri, fokus, ingin berbeda dari kebanyakan orang, dan lebih suka bekerja sendiri.

Cara belajar: agar mudah fokus, beri ia ruangan tersendiri untuk belajar. Ajarkan target agar proses belajarnya terarah dan kemampuan untuk memotivasi dirinya muncul. Ajak ia membuat jurnal hidup agar bisa ia pakai untuk refleksi keuatan dan kelemahan dirinya.

Prediksi karier: trainer, wiraswasta, penulis, psikolog, pemimpin agama.

Baca juga ‘Pentingnya Membangun Lingkungan Berkarakter’

Sumber referensi

  1. Lucy, Bunda. 2009. Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak. Tangga Pustaka. Jakarta.
  2. Dryden, Gordon. 2003. Revolusi Cara Belajar, Bagian II: Sekolah Masa Depan. Kaifa. Bandung.

 

 

Leave a Comment

Loading...