ALTERNATIF PEMBELAJARAN TATAP MUKA TAHUN 2021

Pembelajaran semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah dimulai di awal tahun 2021. SK Bersama 4 menteri memperbolehkan masing-masing satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka namun tidak diwajibkan. Kepastian terselenggaranya kembali pembelajaran tatap muka sepenuhnya dikembalikan kepada pemerintah setempat bersama satuan pendidikan dan orang tua murid. Kesiapan pembelajaran tatap muka juga harus berdasarkan syarat dan kriteria yang telah ditentukan oleh pemerintah dan perlu dipersiapkan sejak saat ini, seperti halnya tersedianya sanitasi yang baik dalam lingkup satuan pendidikan maupun pemetaan warga sekolah. Selain itu, pembelajaran tatap muka kembali juga dilaksanakan secara bertahap dengan menggunakan model shifting. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) memberikan alternatif selain pembelajaran tatap muka untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di semester genap tahun 2021 pada masa pandemi. Alternatif tersebut berupa program Belajar Dari Rumah (BDR) yang dapat disaksikan melalui stasiun televisi nasional yaitu TVRI untuk peserta didik jenjang PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Program alternatif dari Kemendikbud RI tersebut dapat disaksikan mulai hari senin sampai dengan hari jum’at, dari pukul 08.00 wib sampai pukul 11.30 wib. Program ini pun disediakan selama 30 menit untuk masing-masing jenjang, dimulai jenjang PAUD pada pukul 08.00-08.30 wib dan diakhiri dengan jenjang SD Kelas 6 pada pukul 11.00-11.30 wib. Melalui Kompas, Jumeri selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah mengatakan “Tayangan untuk anak SD mengutamakan pada pemenuhan kurikulum darurat, yaitu tentang literasi, numerisasi dan survey karakter.”. Peserta didik yang masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh dapat mengunjungi link c untuk mengakses tv edukasi secara daring atau onlineSelain itu, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan bisa mengakses kanal belajar.id. Dalam kanal tersebut, pendidik bisa berbagi model pembelajaran melalui laman guru berbagi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga memberikan laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id, di dalam laman tersebut tersedia bahan bacaan serta ada lembar kegiatan atau aktivitas bersama anak-anak. Jumeri mengatakan bahwa ia ingin peserta didik dan pendidik mampu memanfaatkan laman yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan begitu, peserta didik yang belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka, tetap mampu mengikuti proses belajar melalui pembelajaran jarak jauh baik melalui siaran televisi maupun laman yang telah disediakan oleh Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi Butuh Bantuan? Tim kami siap membantu anda