• 031-8299413 / 081234441997

05 Mar

Homeschooling Surabaya-Homeschooling Pena

Mendidik Anak Sejak Usia Dini – Sebagai orang tua, kita perlu mengetahui cara mendidik anak dengan baik dan benar, terlebih sejak usia dini. Mendidik anak sejak dini merupakan hal yang sangat penting, karena sejak usia tersebutlah anak mulai bisa membangun karakternya ketika mereka telah dewasa.

Berikut ini cara mendidik anak usia dini yang paling tepat:

1. Hindari menggunakan kata “jangan” pada anak.
Sesungguhnya kata “jangan” akan berdampak negatif , selain itu juga dapat menghambat kreativitas anak.Gunakanlah kata lain yang lebih positif jika hendak melarang anak untuk melakukan sesuatu yang mungkin membahayakan. Sederhana, tapi ini dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Contohnya Anda tidak perlu mengatakan “jangan melompat” tapi cobalah dengan kata seperti “melangkah dengan hati-hati saja”.

2. Bersikap lemah lembut dan menunjukkan kasih sayang yang tulus.
Sikap orang tua terhadap anak bukan malah akan membuat anak menjadi hormat, justru akan membuat anak menjadi takut terhadap orang tuanya sendiri. Anak akan lebih bisa mendengarkan orang tuanya ketika orang tuanya bersikap lemah lembut kepada mereka. Tak hanya itu, menunjukkan rasa kasih sayang kepada anak juga merupakan hal yang sangat penting.

3. Jangan menakut-nakuti anak.
Menakuti nakuti anak agar ia mengikuti kemauan kita akan berdampak tidak baik terhadap anak. Karena saat ia dewasa bukan tidak mungkin ia akan menjadi orang yang penakut, atau mungkin bisa mengalami trauma.

4. Aktif membimbing anak.
Tumbuhkan sikap menghormati dan keterbukaan pada anak.ajarkan untuk meminta maaf jika ia melakukan kesalahan, ajarkan anak Anda rasa tanggungjawab, karena sesungguhnya, anak pada usia dini sangat membutuhkan bimbingan dari orangtuanya.

5. Jangan memarahi anak ketika ia melakukan kesalahan.
Alangkah lebih baiknya jika memberitahukan dengan lembut kepada anak apa yang seharusnya atau bagaimana yang baiknya saat anak melakukan kesalahan

6. Jadilah pendengar yang baik bagi anak.
Sebagai orangtua, Anda tidak boleh begitu saja menghiraukan apa yang diceritakan oleh anak, melainkan Anda harus menjadi pendengar yang baik dan merespon cerita anak Anda. ingat, ketika anak menginjak usia dini, ia sedang berkembang dan sedang dalam masa “cerewet-cerewetnya”.

Baca juga ‘Indahnya Berbagi’

 


 

Leave a Comment

Loading...