• 031-8299413 / 081234441997

08 Jan

Jangan Katakan 3 Hal Ini Pada Anak – Berbagai macam cara dilakukan orang tua untuk mendidik anak-anaknya, baik dengan tindakan maupun ucapan. Namun adakalanya ucapan orang tua dapat merusak karakter anak, diantaranya :

1. Lebih baik kamu
Umumnya nada kalimat yang anda utarakan ini seperti intimidasi dan malah membuat anak merasa takut. Kalimat semacam ini,  akan membuat anak terhambat untuk dapat bersikap mandiri. Pada akhirnya, ini akan mengikis rasa hormat dan kepercayaan sebagai unsur penting dalam hubungan anda dengan anak.

2. “Kamu membuat Ibu marah!”
kalimat seperti itu sebenarnya bertujuan untuk membuat anak merasa bersalah atas sikapnya dan berharap akan mengubah sikap buruknya.

Mengungkapkan ekspresi dengan kalimat seperti ini malah memperburuk keadaan dan membuat hubungan dengan anak menjadi negatif. bahkan, ini dapat membuat anak merasa  merasa cemas dan rendah diri serta ketakutan. Jadi, hindarilah mengucapkannya depan anak, jika anda sedang benar-benar marah.

 

 

3. Kamu ini kenapa sih?
orangtua harus benar-benar menyadari maksud di balik hal-hal menjengkelkan yang dilakukan anak. Tanpa anda sadari, anda mengharapkan anak mengubah sikapnya dengan membuatnya merasa dipermalukan dengan kalimat seperti ini.

lebih baik anda mengatakan hal-hal yang bisa membuat anak lebih baik di masa mendatang, daripada mempermalukan anak seperti itu.

Ada baiknya jika anda fokus pada eksplisitas perilakunya. contohnya seperti, Ibu tidak suka sikap kamu itu, atau Ibu tidak suka kalau kamu maupun Kalau kamu begini, Ibu merasa. Kalimat seperti ini dapat membut anak bersikap lebih baik tanpa harus merusak karakternya?

pastikan pula anda memberitahunya mengapa sikapnya itu tidak baik. Selanjutnya anda da dapat melakukan semacam diskusi tentang apa yang seharusnya dia lakukan lain kali.

Semoga bermanfaat.

1 Comment

  • absavto-56.ru August 17, 2016 at 7:13 am

    Daripada marah pada ibu mertua yang sedang berusaha menunjukkan cinta kasihnya pada cucunya, lebih baik tanamkan pengertian pada anak. Katakan bahwa mereka hanya boleh melakukan hal-hal semacam itu di saat-saat tertentu.

    Reply

Leave a Comment

Loading...