• 031-8299413 / 081234441997

21 Mar

Bolos Sekolah itu Rugi –  Bolos dari sekolah tidak hanya perilaku yang buruk, tapi juga merugikan. Pada umumnya anak-anak yang suka bolos sekolah mempunyai alasan seperti, kurang semangat belajar, pembelajaran yang tidak menarik atau bahkan karena lingkungannya yang membosankan. Apapun alasannya, membolos dari sekolah merupakan hal yang merugikan, bahkan mengecewakan orang tua. Oleh karena itu, berikut kami paparkan kerugian yang akan didapatkan karena membolos dari sekolah. :

1. Rugi Biaya dan Materi
Biaya untuk sekolah itu tidak murah, banyak orangtua berjuang banting tulang hanya untuk menyekolahkan anaknya, agar anaknya menjadi anak berprestasi, bahkan memasukan anaknya ke sekolah yang bagus meskipun biayanya mahal. Semua itu dilakukan demi anaknya agar memperoleh pendidikan yang bagus. Bisa Anda bayangkan bila Anda malah membolos, tidak hanya rugi materi, waktu, Anda akan membuat orangtua kecewa.

2. Pelajaran tertinggal
Suka membolos tentu akan rugi ilmu, Anda akan tertinggal materi pelajaran dari teman-temanmu, apalagi jika materi tersebut merupakan materi pra syarat untuk belajar ilmu selanjutnya, jika materi pra syaratnya saja Anda tidak paham tentu Anda akan terus tertinggal karena tidak akan paham juga untuk materi selanjutnya.

3. Nilai jelek
Tertinggalnya materi pelajaran tentu akan berdampak pada nilai sekolah yang jelek. Jadi bila Anda sedang punya target untuk meningkatkan prestasi belajar hindari perilaku membolos.

4. Menyesal di kemudian hari
Menyesal memang selalu di akhir, namun sebelum Anda lebih lama lagi untuk menyesal, berhentilah membolos agar Anda tidak merasa rugi. Banyak orang ketika sudah terjun di dunia kerja, mereka menyesal karena tidak sungguh-sungguh ketika belajar di sekolah sehingga merasa ilmu yang mereka dapat masih sangat kurang. Atau bahkan sulit untuk memasuki perguruan tinggi favorit, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya yang mengharuskan para pekerjanya memperoleh nilai yang bagus.

5. Tidak LULUS
Banyak juga yang tidak naik kelas atau tidak lulus sekolah karena sering membolos sekolah. Hal ini dikarenakan tertinggal materi, dan banyak juga nilai sekolah yang kurang, atau banyak tidak mengumpulkan tugas-tugas dari guru.

Jadi, berhentilah membolos dan cobalah untuk menata hidup lebih baik lagi sebelum semuanya terlambat dan merasa menyesal di kemudian hari.

Baca juga ‘Kemampuan Anak Bersosialisasi Bisa Menunjang Prestasi’

 

Leave a Comment

Loading...