08 Oct

BIMBINGAN TEKNIS – Menghadapi era revolusi industri 4.0, sumber daya manusia sebagai generasi milenial perlu mengikuti perkembangan yang ada. Pendidikan untuk anak dan remaja tentunya mempunyai tantangan tersendiri. Mengarahkan kegiatan yang bersifat positif tetapi tetap mengekspresikan diri mereka sebagai anak dan remaja yang produktif menjadi tanggung jawab bersama. Mereka juga dapat memberikan perubahan pada sekelilingnya dengan menebar pesan postif dan membangun.

Banyak cara yang bisa dilakukan anak dan remaja dalam memberikan wadah untuk membuat perubahan tersebut. Salah satunya, melalui Bimbingan Teknis Aktualisasi Minat Anak Dan Remaja dengan peminatan Desain Animasi & Youtube Konten Kreator – Desain Karakter & Komik. Kegiatan ini merupakan kerjasama Homeschooling Pena dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga – Kemdikbud.

Bimbingan Teknis Aktualisasi Minat Anak Dan Remaja Taun 2019 ini diikuti oleh 50 peserta se-Jawa Timur baik dari sekolah formal maupun satuan pendidikan non formal, diantaranya dari kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, Jombang, dan Blitar. Pelaksanaan Bimtek di Hotel Ibis Style Surabaya mulai tanggal 30 September sampai dengan 02 Oktober 2019.

Kegiatan BimTek dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Dr. Ikhsan, S.Psi, M.M sekaligus memberikan arahan kepada semua peserta akan pentingnya mengekspresikan diri kepada hal-hal yang positif agar menjadi anak/remaja yang berprestasi. Slogan “Prestasi YES, Narkoba No, Pergaulan Bebas No” menjadi slogan andalan pada kegiatan ini. Para peserta BimTek juga dilantik secara simbolis sebagai Siswa – Siswi Agen Perubahan.

homeschooling surabaya

Kegiatan Bimtek dibagi menjadi 2 kelas; Desain Animasi & Youtube Konten Kreator – Desain Karakter & Komik. Pembagian kelas berdasarkan minat peserta. Desain Animasi & Youtube Konten Kreator dengan narasumber Saiful Hadi Arofat, S.E., M.OS dengan materi Overview And Animasi Motion And Hardwriting; Teknik Videografi dan Teknik Video; serta Youtube Content Creator. Kelas Desain Karakter & Komik dengan narasumber Bapak Iwan Nisaburi, S.Pd., dengan materi diantaranya :

homeschooling di surabaya

1. Pengenalan desain karakter dan cara pembuatan komik

2. – Pembuatan cerita dalam komik

    – Membuat ilustrasi sesuai dengan cerita yang dibuat

    – Colouring digital dengan photoshop panel double dialogue

3. Efek suara dalam komik

Kegiatan yang sangat menarik minat anak dan remaja ini tentunya tidak lepas dari dukungan Kementerian terkait yang diwakili Ibu Kasubdit Pendidikan Anak dan Remaja Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen Paud dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Kurniati M.Pd yang ikut serta dalam kegiatan tersebut untuk memberikan motivasi dan arahan kepada para peserta Bimtek. Selain itu, pada hari yang ketiga dimana hari terakhir Bimtek ini dilaksanakan, Dr. Ali Nugraha, M.Pd menyampaikan materi Dukungan Psikologis Awal (DPA) memperkuat untuk menanamkan karakter positif anak menjadi anak yang berprestasi pada bidang yang ditekuni.

Dalam kesempatan itu, peserta tidak lepas dari penugasan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu yang sangat singkat. Keahlian, keterampilan dan kreativitas peserta diasah agar menjadi lebih berkompeten. Meskipun banyak tugas dan waktu yang diberikan sangat singkat, mereka sangat menikmati kegiatan ini. Bahkan ketika penutupan, para peserta seraya meminta untuk tetap dilanjutkan kegiatan tersebut dengan penambahan hari. How Enthusiastic they are !!! Surprisely….

homeschooling pena surabaya

Keterlibatan beberapa pihak baik dari Homeschooling Pena, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga – Kemdikbud, maupun para peserta dan orangtua membuat kegiatan ini sangat berkesan bagi semua peserta dan tentunya mengharapkan adanya kegiatan lanjutan di masa mendatang. Di akhir penutupan, salah seorang peserta dari sekolah formal yang memang dianugerahi Tuhan sebagai penyandang cacat, Jasmine, memimpin janji alumni siswa siswi agen perubahan yang diikuti oleh semua peserta BimTek. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua. Tidak memandang latarbelakang dan bagaimana fisik seseorang, yang terpenting adalah siswa siswi agen perubahan terus berprestasi.

Homeschooling Pena.. Kereen..

Homeschooling Pena – Homeschooling Surabaya
Surabaya, 08 Oktober 2019

Bimbingan Teknis Aktualisasi Minat Anak Dan Remaja 2019

Leave a Comment