29 Mar

Homeschooling di Surabaya – Tren homeschooling di Surabaya kian meningkat. Kini semakin banyak orang tua yang mempercayakan anaknya menmpuh pendidikan dengan metode homeschooling. Apa kelebihan metode sekolah ini dan bagaimana cara belajarnya?

Kelebihan Homeschooling yang Membuatnya Kian Diminati

Kelebihan Homeschooling yang Membuatnya Kian Diminati

Sistem pendidikan homeschooling yang menawarkan keleluasaan kepada anak-anak membuatnya lebih menarik daripada konsep pendidikan di sekolah pada umumnya. Konsep pendidikan homeschooling menyesuaikan dengan kondisi keluarga. Jadwal pembelajarannya pun lebih fleksibel karena berdasarkan kesepakatan orang tua dan anak, demikian pula dengan kurikulum dan materi belajar.

Sistem belajar homeschooling dianggap mampu mengembangkan potensi-potensi intelegensi anak mengingat setiap anak memilki keunikan tersendiri. Pendidikan homeschooling yang dimulai dari tingkat dasar awalnya masih sedikit di Surabaya. Kini Anda bisa menemukan beberapa lembaga mulai menawarkan jenis pendidikan ini.

Kebanyakan peserta homeschooling merupakan siswa pindahan sekolah formal. Hal ini membuat homeschooling dipandang bisa menjadi alternatif yang bagus selain pendidikan sekolah formal dan dipercaya masih akan berkembang. Selain itu, homeschooling juga memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya kian diminati daripada pendidikan sekolah formal, seperti :

  • Pemantauan mudah

Karena cara belajar homeschooling bersifat privat, orang tua pun akan lebih mudah memantau perkembangan anak-anak. Orangtua tak perlu meminta laporan dari guru karena bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembelajaran anak. Sebagai penanggung jawab, orang tua juga bisa turut menentukan bagaimana sistem belajarnya.

  • Suasana kondusif

Salah satu kelemahan sekolah formal adalah suasana belajar yang serius sehingga membuat anak mudah bosan. Berbeda dengan homeschooling yang menawarkan suasana belajar lebih fleksibel. Meski terkesan santai, suasana belajar tetap kondusif dan anak tak merasa tertekan ketika harus belajar. Bila sekolah formal satu kelas diisi oleh 40 anak, homeschooling hanya diikuti oleh beberapa anak saja sehingga minim distraksi. Dampak positif homeschooling seperti ini adalah suasana belajar yang tenang, nyaman dan bersahabat bagi anak sehingga mudah memahami setiap pelajaran.

  • Waktu belajar fleksibel

Homeschooling di Surabaya menawarkan waktu belajar yang fleksibel. Orangtua, pengajar dan anak-anak bisa berdiskusi menentukan waktu belajar yang sesuai. Anak pun tak akan merasa kelelahan seperti sekolah formal karena durasi belajar dalam sehari bisa didiskusikan bersama. Menariknya, anak bisa lebih fleksibel menentukan jadwal mata pelajaran, frekuensi pertemuan dan lokasi pertemuan.

  • Mengedepankan skill

Sekolah formal bisa dikatakan kurang memperhatikan potensi setiap anak. Padahal setiap anak memiliki skill berbeda-beda dan tak semua anak menyukai semua mata pelajaran. Hal inilah yang diutamakan oleh homeschooling. Setiap siswa diajak mengasah skill yang mereka minati sebagai bekal memasuki dunia kerja.

  • Tetap bersosialisasi

Banyak yang meragukan homeschooling karena takut anak-anak tak bisa bersosialisasi. Padahal homeschooling memiliki komunitas di beberapa kota besar dan tak selalu dilakukan di rumah. Homeschooling bisa dilangsungkan di ruang kelas dengan jumlah siswa terbatas. Dengan begitu setiap anak masih bisa bersosialisasi dengan peserta homeschooling lainnya. Karena pendekatan homeschooling lebih personal, tak mengherankan bila anak-anak lebih merasa nyaman dalam belajar. Inilah salah satu kelebihan homeschooling dibandingkan jenis sekolah lain.

  • Tetap bisa melanjutkan pendidikan

Banyak orangtua yang meragukan apakah homeschooling bisa kuliah? Jawabannya, tentu saja bisa. Ini adalah stigma negatif di kalangan masyarakat perihal ijazah kelulusan homeschooling. Padahal pelaksanaan homeschooling berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional RI. Siswa yang mengikuti pendidikan homeschooling nantinya tetap memperoleh ijazah kesetaraan yang dikeluarkan oleh KEMENDIKNAS. Ijazah tersebut bisa dipakai untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi bahkan kuliah di luar negeri sekalipun.

  • Dianggap lebih memuaskan daripada sekolah formal

Tak sedikit orangtua memilih pendidikan homeschooling di Surabaya bagi anak-anaknya karena kurang puas dengan sistem pendidikan sekolah formal. Homeschooling memungkinkan orang tua mencapai idealisme pendidikan yang mereka inginkan bagi anak-anaknya. Orangtua menilai homeschooling lebih efektif bagi anak-anak dalam mengembangkan bakat dan pengetahuannya.

  • Metode pembelajaran bervariasi

Metode pembelajaran homeschooling bervariasi sesuai dengan pengembangan skill anak-anak. Mulai dari menonton pertunjukan teater, operet, drama modern, liburan ke museum, pusat seni/keterampilan, perpustakaan, mengunjungi industry manufaktur, hutan lindung, praktikum, kelas bakat dan lainnya. Itu sebabnya homeschooling untuk anak berkebutuhan khusus sangat diminati karena metode pembelajarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Legalitas Homeschooling

Legalitas Homeschooling

Banyak yang beranggapan lulusan homeschooling tak diakui oleh lembaga pendidikan yang lebih tinggi. Nyatanya, homeschooling merupakan metode pembelajaran yang legal dan sudah sesuai dengan peraturan Undang-undang. Jadi, meski anak tidak mengikuti pendidikan sekolah formal, dia tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Yang membedakan antara homeschooling dan sekolah formal adalah pengalaman belajar siswanya. Di homeschooling proses belajar jauh lebih fleksibel baik dari segi kurikulum maupun metode pembelajaran. Pengajar homeschooling boleh memakai kurikulum dari luar negeri, kurikulum sekolah formal atau membuat kurikulum sendiri yang sesuai dengan minat dan potensi anak didik. Artinya homeschooling sangat membutuhkan komitmen dan kreativitas dari pengajar dan orang tua dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran bersama anak. Biasanya proses pembelajaran homeschooling dilangsungkan paling tidak selama 12 tahun.

Berapa Biaya Homeschooling di Surabaya ?

Berapa Biaya Homeschooling di Surabaya ?

Lalu, bagaimana dengan biaya homeschooling? Biaya homeschooling Surabaya tak berbeda jauh dengan homeschooling di tempat lainnya. Bila sekolah formal mengharuskan orangtua siswa membayar biaya yang sudah ditetapkan, biaya pendidikan homeschooling lebih fleksibel. Orangtua bahkan bisa menentukan sendiri berapa budget yang perlu dipersiapkan sesuai dengan fasilitas penunjang belajar anak. Semakin banyak fasilitas yang dibutuhkan, maka semakin tinggi biaya pendidikan homeschooling.

Hal tersebut juga berlaku untuk homeschooling Islam Surabaya. Biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan homeschooling Islam di Surabaya tak jauh berbeda dengan homeschooling biasa, hanya saja materinya lebih ditekankan pada nilai-nilai agama Islam. Meski menekankan pada nilai-nilai agama Islam, sistem pembelajaran homeschooling Islam tetap merujuk pada kompetensi Depdiknas.

Homeschooling Terbaik di Surabaya

Pendidikan homeschooling sangat cocok bagi anak yang tinggal di lokasi jauh dari sekolah, anak introvert maupun anak berkebutuhan khusus. Demi memudahkan anak dalam mengikuti pelajaran di homeschooling, sangat direkomendasikan untuk memilih homeschooling yang bagus dan memiliki kredibilitas, seperti Homeschooling Pena.

Homeschooling Pena merupakan salah satu homeschooling terbaik di Indonesia yang sudah terjamin mutunya. Homeschooling di Surabaya ini dikenal memiliki kualitas pendidik dan lulusan terbaik di Surabaya. Homeschooling Pena juga sudah berpengalaman dalam menghadapi ribuan murid dari berbagai latar belakang sehingga bisa dipastikan mampu membimbing anak-anak Anda dalam mencapai kualitas pendidikan yang diharapkan oleh orang tua.

Tak perlu khawatir perihal legalitas, kegiatan belajar dan program pembelajaran karena Homeschooling Pena merupakan satu-satunya homeschooling di Surabaya yang mampu memberikan kualitas terbaik untuk putra putri Anda. Dengan mengandalkan Homeschooling Pena, anak-anak pun terbebas dari suasana belajar yang monoton. Anak-anak bisa mencapai kualitas terbaiknya berkat sistem pendidikan Homeschooling Pena yang mengutamakan potensi setiap anak. Pelayanan yang tulus dan kualitas pendidikan jaminan mutu dari Homeschooling Pena merupakan senjata bagi terciptanya generasi terbaik.

 

Tingkatkan Kualitas Generasi Muda dengan Mengikuti Homeschooling di Surabaya

Leave a Comment