03 Dec

Homeschooling surabaya – Memilih pendidikan terbaik untuk anak tentu merupakan suatu hal yang penting dan perlu dipikirkan orang tua sejak dini. Homeschooling merupakan salah satu sistem pendidikan yang dapat menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik untuk mengembangkan pola pikir anak serta keterampilannya.

Salah satu daerah yang sebagian besar menggunakan system pendidikan sekolah di rumah ini adalah Surabaya. Sebagai salah satu wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, menjadikan pendidikan di sekolah formal tidak harus menjadi satu-satunya sarana untuk belajar bagi anak. Program homeschooling Surabaya ini bisa dikatakan menjadi solusi. Mengapa demikian?

Masalah-Masalah Pendidikan Formal

Masalah-Masalah Pendidikan Formal

Berbagai masalah yang terjadi baik di lingkungan keluarga maupun masalah yang datang dari pendidikan formal di sekolah tentu sangat bervariasi. Anda sebagai orang tua dituntut agar dapat mengatasi berbagai persoalan dengan pertimbangan yang matang. Beberapa permasalahan yang kerap terjadi diantaranya sebagai berikut.

  1. Kendala waktu

Kendala waktu

Sekolah memiliki jangka waktu belajar yang telah ditentukan oleh menteri pendidikan. Semua sekolah formal telah menjadikannya sebagai waktu pelaksanaan belajar yang memang dilakukan oleh semua murid.

Sekolah formal di Indonesia memiliki jangka waktu terlalu panjang. Dimana seorang anak dituntut untuk belajar dalam jangka waktu lama dengan waktu istirahat yang hanya 1 sampai 2 jam saja.

Apakah hal ini efektif? Tentu saja tidak. Menurut penelitian, terdapat jam-jam tertentu dimana otak sudah tidak dapat menerima informasi lagi.

Terlebih saat ini terdapat program full day yang menempatkan anak sebagai objek pembelajaran, sehingga mengharuskan mereka mengikuti pelajaran dalam satu hari penuh. Tentu saja hal ini akan memberi situasi dimana anak lebih banyak berada di sekolah daripada di rumah, bukan?

  1. Materi yang terlalu banyak

Materi yang terlalu banyak

Di luar negeri, pemberian materi sudah disesuaikan dengan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak. Sehingga fokus dari sekolah formal adalah mendalami hal-hal yang disukai dan telah dikuasai. Oleh karena itu, pembelajaran akan terasa menyenangkan setiap harinya.

Berbanding terbaik dengan Indonesia, seperti yang kita tahu sendiri, pendidikan formal di sini mengharuskan para murid untuk mempelajari semua mata pelajaran dengan ribuan teori yang harus dipahami.

Dengan begitu, anak tidak dapat bisa fokus dalam mempelajari suatu hal, apalagi mempelajari mata pelajaran yang disukainya. Memang ada sebagian anak yang memiliki daya tampung dan kemampuan lebih untuk menerima semua pelajaran dan memahaminya. Namun, sebagian juga ada yang tidak mampu.

  1. Kenakalan remaja

Kenakalan remaja

Dalam perkembangan tumbuh kembang seorang anak, perilaku mereka harus selalu diperhatikan. Banyak sekali pemberitaan yang menyebutkan berbagai kasus telah disampaikan dimana anak-anak memiliki perilaku dan tatakrama yang buruk dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Hal ini terlihat dari perilaku seorang murid terhadap gurunya yang kini semakin berani, tawuran antar sekolah, dan geng motor. Pergaulan yang salah juga akan memberikan dampak buruk dan perilaku yang salah antar sesama teman seperti membully, hubungan yang tidak semestinya, dan lain sebagainya.

Ketika seorang anak berada dalam lingkungan seperti ini, maka mau tidak mau anak-anak tersebut akan terkontaminasi dan menganggap suatu hal yang terjadi adalah normal. Hal ini merupakan salah satu permasalahan yang harus dihindari.

  1. Perbedaan kasih sayang dari pengajar

Perbedaan kasih sayang dari pengajar

Ketika berada dalam satu kelas dan terdiri dari 20 orang siswa, di dalamnya pasti terdapat pembagian kelompok anak-anak yang memiliki daya tangkap cepat, dan sebaliknya. Hal ini merupakan permasalahan yang sering terjadi di sekolah formal. Dimana terdapat perbedaan perilaku antara anak-anak yang memiliki daya tangkap cepat dan yang tidak.

Sikap mempermalukan anak yang memiliki daya tangkap yang rendah sering juga terjadi di beberapa sekolah. Terlihat dari cara guru memarahi siswa di depan kelas, sehingga anak-anak yang lain akan menertawakan atau membicarakannya di belakang.

Dampak buruknya, peristiwa tersebut akan melekat pada pikiran siswa yang dimarahi di depan kelas dan akan menyebabkan gangguan psikologis jika tidak ditangani dengan baik.

Lalu, Harus Bagaimana untuk Mengatasi Permasalahan Tersebut?

Lalu, Harus Bagaimana untuk Mengatasi Permasalahan Tersebut?

Mengingat pendidikan formal berlangsung di sekolah, tentunya Anda sebagai orang tua tidak bisa mengontrol hal tersebut bukan? Terlebih lagi jika anak yang mengalami masalah-masalah tertentu mempunyai sifat yang introvert. Ditambah lagi ketika lokasi antar sekolah dengan rumah cukup jauh, Anda yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari juga memungkinkan pengawasan pada anak semakin tidak terkontrol.

Solusi yang tepat adalah dengan memilih homeschooling sebagai sistem pendidikan anak yang terbaik. Ketika memantapkan diri untuk memilih homeschooling, tentunya Anda harus memilih lembaga yang tepat dan terpercaya. Salah satu homeschooling Surabaya terpercaya dan telah memiliki pengalaman terbaik dengan ribuan murid dari berbagai latar belakang adalah homeschooling PKBM (Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Pena.

Homeschooling Pena sebagai satu-satunya penyedia homeschooling Surabaya memiliki sistem pembelajaran yang bagus dan sudah dipercaya para orang tua. Metode homeschooling yang dipraktekkan juga sudah tentu akan menghindarkan anak-anak dari beberapa masalah yang telah dijabarkan di atas.

Tidak perlu khawatir mengenai legalitas hukum, program pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sistem evaluasi. Sudah tentu Homeschooling Pena akan memberikan yang terbaik untuk anak-anak Anda.

Apa Saja Keunggulan Homeschooling Pena?

  1. Memperoleh kemampuan akademik yang lebih tinggi

Memperoleh kemampuan akademik yang lebih tinggi

Homeschooling Pena akan memberikan suasana menyenangkan dengan beban tugas yang cukup kepada anak. Sehingga ketika belajar, anak akan selalu bersemangat dan dalam kondisi yang bagus sehingga mereka mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Selain itu, guru privat dari homeschooling Surabaya yang satu ini telah memberikan kurikulum dan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kriteria penilaian terhadap anak. Tentu saja kriteria penilaiannya berkaitan dengan daya tampung serta keterampilan yang dimiliki oleh anak.

Dalam hal ini, seorang anak akan lebih memahami apa yang dipelajarinya, yang nantinya akan memberikan output baik ketika ujian. Ketika menjawab dengan benar, maka nilai akademik anak yang melakukan proses pembelajaran ini mengalami kenaikan.

  1. Diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan

Diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan

Setiap anak memiliki keterampilan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini terbukti dengan metode pembelajaran yang dilakukan oleh homeschooling Surabaya yang memberikan cara belajar sesuai kemampuan.

Misalnya bagi seorang anak yang menyukai seni, mereka akan diberi kesempatan untuk melakukan berbagai kesenian yang disukai dan mengembangkannya. Contoh lainnya, bagi anak yang suka dalam hal tulis-menulis akan diberikan kesempatan untuk menulis dan dilatih menjadi seorang novelis, penulis naskah, dan hal lain yang berkaitan.

  1. Teori dan kemampuan hidup yang seimbang

Teori dan kemampuan hidup yang seimbang

Terkadang, sekolah memberikan penjelasan teori tanpa adanya praktik terjun langsung ke lapangan. Dalam hal ini, seorang siswa pelajar sekolah formal tentu akan pusing dengan teori-teori membingungkan yang hanya ada dalam buku

Sedangkan dengan menjadi siswa di homeschooling Pena, maka anak akan memperoleh dua tujuan: yaitu memahami teori pembelajaran dibarengi dengan pengaplikasiannya secara seimbang.

Setelah mengetahui hal-hal diatas, pastikan untuk memilih PKBM Homeschooling Pena sebagai lembaga homeschooling Surabaya yang terpercaya bagi masa depan anak-anak Anda. Pelayanan yang tulus untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada di sekolah formal menjadi tolak ukur dari keberhasilan homeschooling Surabaya ini. Menciptakan generasi terbaik dengan homeschooling di PKBM Pena akan menjadi salah satu langkah besar bagi Anda sebagai orang tua.

Leave a Comment