30 Jun

  • By homeschoolingpena
  • In News
  • Comments None

 

Homeschooling pena – Pada setiap akhir tahun pelajaran sudah menjadi agenda rutin Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Pena yang merupakan homeschooling surabaya terbaik di indonesia, mengadakan kegiatan penutup yakni Graduation Ceremony atau Pelepasan Alumni. Ada beberapa hal yang istimewa pada kegiatan Graduation Ceremony atau Pelepasan Alumni Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Pena Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juni 2019 di Cendana Ball Room Hotel Alana Surabaya, Selain diikuti oleh tujuh puluh empat wisudawan-wisudawati dan dihadiri oleh dua ratus undangan, kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Bapak Prof. Dr. Yatim Rianto, M.Pd; Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang merupakan pakar pendidikan luar sekolah (PLS) yang sudah banyak memberikan kontribusi, ide dan pemikiran tentang konsep pendidikan non formal di kementerian terkait. Dalam kesempatan ini Beliau memberikan pidato motivasi kepada alumni Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Pena 2018/2019 yang dilantik.

graduation ceremony homeschooling pena

Ada dua hal yang disampaikan beliau yang juga menjadi pesan penting kepada para alumni bahwa untuk bisa berhasil harus memiliki ‘R dan T’. Tentu saja bukan Rukun Tetangga kelakarnya, tapi cukup Rajin dan selalu Taat akan mempengaruhi keberhasilan seseorang. Beliau menekankan ketaatan kepada Allah SWT, ketaatan kepada Ibu dan taat kepada peraturan yang berlaku adalah faktor penting yang harus dimiliki para alumni sebagai modal keberhasilan mereka di masa mendatang.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kota Nganjuk-Jawa Timur; Bapak Novi Rahmat Hidayat, S. Sos., M.M. yang merupakan orangtua salah satu peserta didik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Pena 2018/2019 yang dilantik.

homeschooling surabaya

Beliau memberi paparan tentang sistem pendidikan bahwa masyarakat tidak perlu kawatir memilih pendidikan non formal karena lembaga non formal termasuk Pusat Kegiatan Masyarakat Homeschooling Pena keberadaannya diakui dan dijamin negara karena hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Peserta didik juga memiliki hak yang sama, bisa studi lanjut ke jenjang pendidikan formal baik sekolah negeri maupun swasta.

Launching Buku Perahu Kecil

CEO & Founder Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Pena; Supriadi, S.Pd., M.M. selain melakukan pelantikan wisuda juga melaunching sebuah buku yang merupakan karya perdananya. Buku dengan judul Perahu Kecil menceritakan tentang kisah perjalanan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homeschooling Pena yang ia bangun dari nol hingga menjadi homeschooling di surabaya yang terbaik secara nasional.

homeschooling di surabaya

Buku ini diterbitkan oleh Pustaka Media Guru Surabaya, banyak kisah menarik dan inspiratif di dalamnya. ‘Homeschooling Pena sebagai perahu kecil yang harus mengarungi samudera luas pendidikan yang luar biasa kompleks dan bertanggung jawab terhadap masa depan orang-orang yang ada di atas perahu itu’ papar beliau. Buku ini diharapkan bisa meramaikan literasi nasional dan bisa menginspirasi banyak orang bahwa siapapun bisa berhasil karena keberhasilan hak setiap orang. (adm_hs.pena)

Graduation Ceremony Homeschooling Pena 2018/2019

Leave a Comment